Kerajinan

Tenun Efendi : Lewat Blanja.com, Kita Siap Bersaing dengan Produk Unggulan

Kepala UPTD Promosi Produk UMKM, Niken Agriena menyampaikan keoptimisannya dalam pelaksanaan pelatihan ini. Menurutnya, UMKM yang telah mengikuti pelatihan online marketing dapat mengembangkan usaha secara lebih baik. Disamping itu, luasnya pemasaran dengan memiliki took online memberikan keunggulan pada para pengusaha.

“Kita di UPTD Promosi Produk UMKM selalu berusaha memberikan pembinaan pada UMKM untuk mengembangkan usahanya. Selain bazar dan kegiatan promosi di Pondok, kita juga memberikan pelatihan pemasaran secara online seperti ini. Terlebih dengan adanya toko di Blanja.com, para pengusaha dapat memaksimalkan pemasaran produknya masing-masing,” terang Niken.

Niken Agriena juga menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan serupa juga pernah dilaksanakan di UPTD Promosi Produk UMKM. Seperti pada tahun 2015, pelatihan sudah diberikan dalam bentuk pembuatan brand image Kampung Rendang. Selain itu juga pernah dilaksanakan bimbingan pembuatan blog UMKM sebagai wadah review produk.

“Pembuatan toko online kali ini di Blanja.com juga akan diberikan monitoring dan evaluasi secara berkala. Kita akan pantau bagaimana perkembangan setiap UMKM dalam pemasaran di marketplace binaan Telkom ini. Bagi UMKM yang masih terkendala selepas pelatihan ini, kawan-kawan di Pondok Promosi selalu siap memberi bimbingan,” terangnya,

Efendi, salah seorang peserta pelatihan yang memiliki usaha di bidang tenun, mengungkapkan keansusiasannya dalam mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, peserta pelatihan mendapat banyak wawasan baru dalam strategi pemasaran online. Selain itu, pendampingan hingga berdirinya toko online peserta merupakan nilai positif yang didapat.

“Kita kini bisa bersaing dengan pengusaha lain, bahkan dengan produk kita yang tergolong eksklusif. Tenun Efendi memiliki kekhasan yang bisa diunggulkan,” terangnya.

Efendi juga menuturkan, kendala awal mengenai keraguan bermain di toko online yang semula diidap para peserta dapat teredam dengan pendampingan yang baik dari pemateri dan panitia.(Dodi Syahputra/Novaldi Herman)

Join The Discussion