Berita

Ketua Dekranasda Ajak Pelaku UKM Manfaatkan Online Marketing

Bisnis online saat ini bukan lagi barang langka, bentuk peluang usaha yang satu ini tidak lagi menjadi gawean-nya (kerjaan-red) orang yang hanya kenal teknologi informasi (IT). Namun telah mewabah ke seluruh lapisan masyarakat di semua kalangan baik itu pemula, ibu rumahtanggga maupun pelaku usaha.

Dengan kondisi tersebut unit pelaksana teknis daerah (UPTD) Promosi Produk UMKM dibawah koordinasi Dinas Koperasi dan UMKM bersama PT Telkom Wilayah Sumatera Barat mengadakan pelatihan online marketing selama 2 (dua) hari yaitu pada 29-30 Maret.

Pelatihan yang berlangsung di Aula Lt. 2 Gedung Promosi Produk UMKM Komplek Medan nan Bapaneh Ngalau Indah tersebut, dibuka secara resmi oleh Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh, Ny. DR. Hj. Henny Yusnita, Rabu (29/3) pagi.

Dalam sambutannya Ketua Dekranasda Ny. Henny, sangat apresiasi dengan adanya pelatihan ini, dan mengajak pelaku usaha kecil serta menengah (UKM) di kota ini untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam bidang pemasaran hasil produk usaha mereka dalam bentuk online marketing.

“Memasarkan hasil produk UKM tidak hanya sebatas di Payakumbuh dan sekitarnya saja, kalau bisa menjangkau seluruh Nusantara bahkan negara tetangga. Untuk itu mari kita mencoba untuk memanfaatkan teknologi informasi di bidang pemasaran yaitu online marketing”, ujar Ketua Dekranasda.

Selain itu dalam dalam pemasaran online banyak yang perlu kita perhatikan diantaranya, kualitas produk, ketersedian barang, dan yang paling penting adalah kepercayaan. Berjualan online tidak hanya sebatas laku terjual namun bagaimana kelanjutannya setelah pembeli pertama kali membeli produk yang kita jual, apakah pembeli tersebut akan melakukan pesanan lagi atau tidak, atau dikenal dengan istilah repeat order.

“Jangan bikin jera pembeli, usahakanlah terjadi repeat order”, terang Henny.

Selanjutnya Henny menambahkan, layanan yang sopan dan santun, cepat (quick Response), dan dipercaya juga membuktikan sipenjual benar-benar serius dalam usahanya secara online.

“Pelayanan yang maksimal, quick response, dan dipercaya akan menjadikan pelaku usaha tersebut disukai pembeli”, terang Henny.

Kemudian jangan lupa pula memperhatikan masalah harga, sebab harga yang tidak kompetitif juga akan membuat jera pembeli.

“Harga yang wajar dan kompetitif ikut akan mempengaruhi intensitas transaksi jual beli, sayang sekali apabila kualitas sedang-sedang saja, dan harga selangit akan membuat pembeli tidak akan kembali belanja”, pungkas Henny.

Sementara itu Kadis Koperasi dan UMKM Dahler didampingi Kepala UPTD Promosi Produk UMKM Niken Agriena menginformasikan bahwa pelatihan ini terlaksana berkat kerjasama dengan PT. Telkom Wilayah Sumatera Barat. Diikuti oleh pelaku UMKM di kota Batiah yang berjumlah 60 orang yang terdiri dari 44 pelaku usaha makanan dan 16 dari usaha kerajinan.

Pelatihan yang berlangsung selama 2 (dua) hari tersebut diisi oleh beberapa orang narasumber diantaranya Ketua Dekranasda sendiri, Ibu Ny. DR. Hj. Henny Yusnita, Burhanuddin dari PT. Telkom wilayah Sumbar dan Suhedri Busli pelaku dan pemerhati UKM. Materi yang akan diangkat pada umumnya tentang online marketing bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), serta hal-hal apa saja yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha dalam memasarkan produknya di dunia maya. (Jentra)

Join The Discussion