Berita

Ketua Dekranas Pusat Borong Tenun Balai Panjang Payakumbuh

Tenun Balai Panjang Payakumbuh diminati Ketua Dekranas Pusat, Ny. Peggy Thomas Lembong. Istri Menteri Perdagangan RI ini menilai tenun Balai Panjang tidak kalah dengan tenun-tenun daerah lainnya di Indonesia. Selain bahannya yang halus, desainnya pun cukup khas dan menarik selera konsumen.

 

Hal tersebut disampaikan Ketua Dekranas Pusat, Ny. Peggy Thomas Lembong ketika mengunjungi pondok promosi industri di Medan Nan Bapaneh, Taman Wisata Ngalau Indah kota Payakumbuh, Rabu (5/10). Kunjungan rombongan Dekranas Pusat ini juga menyertakan sejumlah pejabat di Kementerian Perdagangan RI, dalam rangkaian melakukan pembinaan terhadap Dekranasda dan pengrajin di daerah ini.

 

Selama di Pondok Promosi kota Payakumbuh, rombongan didampingi ketua Dekranasda kota Payakumbuh, DR. Hj. Henny Riza Falepi. Dalam kunjungan singkat itu, Ketua Dekranasda kota Payakumbuh, selain melaporkan perkembangan industri kerajinan tenun dan bordir, juga mampu mempromosikan produk tenun, bordir, rajutan, dan makanan khas rendang di kota ini. Sehingga, dalam beberapa menit, tenun, bordir, rajutan, dan rendang Payakumbuh laris terjual.

 

Rombongan juga berkesempatan menyaksikan kegiatan workshop pengrajin yang tengah membuat rajutan, bordir, dan tenun secara langsung. Hal ini menambah ketertarikan rombongan terhadap industri kerajinan di kota Payakumbuh.

 

Ny. Peggy Thomas Lembong mengharapkan Dekranasda kota Payakumbuh intensif melakukan promosi industri kerajinan ke luar Sumatera Barat. Menurutnya, industri kerajinan kota Payakumbuh mempunyai potensi besar untuk diminati masyarakat luas. Oleh karena itu, kegiatan promosi yang lebih banyak dan menjangkau khalayak banyak perlu dilakukan Dekranasda kota Payakumbuh.

 

Kunjungan rombongan Dekranas Pusat ke Payakumbuh dikatakan ketua Dekranasda, Ny. Henny Riza Falepi dapat menambah motivasinya untuk melakukan pembinaan terhadap seluruh pengrajin di kota Payakumbuh. Selama ini, Dekranasda telah melakukan promosi dalam bentuk kegiatan Payakumbuh Fashion Week, Payakumbuh Fashion Karnaval, Jakarta Fashion Week, pameran di tingkat nasional, dan pameran di tingkat regional, serta dalam kegiatan Pekan Seni Kota Batiah atau Payakumbuh Barolek Godang (Bagodang).

“Kegiatan yang kita lakukan itu akan kita kembangkan lebih besar di tahun-tahun mendatang”, sebut Ny. Henny.

Join The Discussion