Berita

Agar Bisa Bersaing, Wawako Erwin Himbau Pelaku Usaha Inovasi Kemasan Produk Mereka

Kabar gembira bagi para pelaku usaha di kota Payakumbuh, untuk pengurusan perizinan produk usaha yang dihasilkan tidak perlu repot lagi datang ke Padang. Pasalnya mulai tahun depan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan dibuka di Payakumbuh.

Hal ini diungkapkan Wakil Walikota, Erwin Yunaz saat membuka  seminar kewirausahaan tentang inovasi packaging (kemasan) yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian di ruang pertemuan Balai Diklat Peternakan Provinsi Sumatera Barat, Jln. Pahlawan Sawah Padang No 16, Jumat (3/11).

Wakil Walikota Erwin dalam sambutanya menambahkan dengan tingginya perhatian pemerintah terhadap pelaku usaha skala mikro, kecil dan menengah (UMKM), Pemerintah pusat akan mendirikan BPOM di Payakumbuh.

“Keseriusan Pemerintah pusat dalam mendukung perkembangan UMKM di Kota Payakumbuh, direncanakan di tahun 2018 mendatang akan didirikan BPOM.

Keberadaan instansi tersebut akan memberikan kemudahan dalam pengurusan perizinan produk, salah satunya pengurusan sertifikat halal, ” ungkap Erwin Yunaz.

Sehubungan dengan pelatihan yang tengah berlangsung, Wawako Erwin Yunaz mengharapkan peserta seminar dapat meningkatkan pengetahuannya tentang peningkatan mutu produk seperti halnya proses packaging atau kemasan.

“Kemasan menjadi sesuatu yang sangat penting dalam sebuah produk dan ini akan menjadi daya tarik bagi calon pembeli. Melalui kegiatan ini, saya berharap peserta dapat mendalami dan meningkatkan pengetahuannya tentang pengemasan yang  tepat,” harap Erwin.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Depi Sastra melaporkan bahwa kegiatan seminar kewirausahaan tentang pengemasan produk (packaging) ini adalah dalam rangka meningkatkan daya saing produk industri kecil dan menengah (IKM)  di kota Payakumbuh.

“Sesuai arahan Wakil Walikota, untuk menggenjot daya saing produk UKM kita, agar bisa masuk pasar global perlu banyak pembenahan , salah satunya pembenahan kemasan/packaging,” lapor Depi Sastra.

Sekitar 100 orang pelaku UMKM pada kegiatan tersebut akan mendapatkan bimbingan dari sejumlah narasumber, di antarannya Wawako Erwin Yunaz, Ketua Dekranasda, DR. Henny Yusnita dan Presiden Direktur PT.I Flex Indonesia Jakarta, Rama Gusriyanto.

Selain Wawako Erwin Yunaz, acara pembukaan dihadiri pula oleh  Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Depi Sastra, Presiden Direktur PT I Flex Indonesia, Rama Gusriyanto beserta rombongan, pelaku usaha, hadirin dan undangan lainnya.

Join The Discussion